Looking for something Special in this Kitchen......

Friday 18 March 2011

[BolKusWeek] Bolu Kukus Gula Merah


Ikut meramaikan ajang 'narsis' nya NCCBolKusWeek. Kali ini setoran nya Bolu Kukus Gula Merah.  
Resep nya minimalis, bahan nya juga mudah didapat, peralatan juga ngga perlu Mixer :D
Gak percaya???



Silahkan dicoba dan dipraktekkan ya Resep nya di bawah ini:


Bolu Kukus Gula Merah
Resep: Mami nya Widya


Bahan:
250 gram Tepung Terigu
250 gram Gula Merah
125 ml air
1 butir telur
1/2 sdt Baking Powder (aku pakai BPDA)
50 gram Margarine, cairkan
1/2 sdt bubuk Vanili

Cara Membuat:
- Cairkan gula merah dengan air, saring. Sisihkan
- Kocok telur + BPDA dengan menggunakan sendok plastik/spatula selama 15 menit
- Masukkan setengah bagian cairan gula merah, aduk rata. Masukkan setengah bagian tepung terigu, aduk rata. Masukkan lagi sisa setengah bagian cairan gula merah, aduk rata. Masukkan sisa setengah bagian tepung terigu, aduk rata.
- Masukkan margarine cair, aduk rata.
- Terakhir masukkan vanili bubuk, aduk rata.
- Tuangkan ke dalam cetakan bolu kukus yang sudah dialasi kertas roti atau papercup.
- Kukus dalam dandang/kukusan yang sudah beruap banyak selama 20 menit.
- Angkat dari kukusan, sajikan.

Untuk hasil jadi 12 pcs

~ Selamat Mencoba ~

3 comments:

TheCedarta-08151643216 said...

hi Widya, saya sudah coba bolkus gulmer ini tapi kenapa gak ngembang, prosesnya sama;

1. Mencairkan gulmer dgn air yg 125 ml terlihat kental apalagi kalau didinginkan jadi seperti karamel, akhirnya ditambah sedikit air panas.

2 waktu mengocok telur dng bp, saya menggunakan whisk bukan spatula dgn waktu yg sama, jika hanya memakai spatula berarti hanya kocok asalkah?

oh mungkin saya salah dipencampuran, krn adonan telur saya campur dng 1/2 terigu sedangkan diresepmu hrs air gula dulu ya baru terigu..

Nanti saya coba lagi deh, terimakasih ya.

igjepara said...

wah.. kelihatannya enak ni boleh dicoba.. o ya sekalian ngajakin tukeran link yuk..

denov said...

mbak, aku juga ngembangnya nanggung, dan adonannya 'berat' ketika dimakan (kayak makan brownies/muffin), ga 'enteng'waktu digigit. kenapa ya?
caranya udah sama,
- gulanya dicairkan jadi kental, apa memang harus tambah air lagi?
- waktu ngocok telur dan baking powder, saya sudah 15 menit dan sedikit berbuih. ngocoknya pake kocokan telur.
mohon pencerahan mbaak..
thanks
novi