Looking for something Special in this Kitchen......

Friday 14 September 2007

Sambel Goreng Printil



Marhaban Yaa Ramadhan…….


Alhamdulillah Bulan Suci yang penuh berkah telah tiba….… Seluruh umat Muslim bersiap untuk menjalankan Ibadah puasa… Tak terkecuali keluarga kecil kami – aku dan Mas Hidayat -.

Untuk Sahur hari pertama, aku coba bikin sajian yang "tidak biasa". Kenapa tidak biasa, karena aku jarang banget masak. I prefer Baking than Cooking….:)

Pilihan jatuh kepada Sambel Goreng Printil ini, inspirasi datang dari kebiasaan masa kecil ku di Surabaya. Tiap kali sahur, Mama selalu menyiapkan masakan yang agak pedes, katanya "Biar nggak ngantuk pas maem nya & biar lebih bersemangat. Kalo makanannya agak pedes, berarti bisa minum air yang banyak juga". Setelah dewasa baru kepikiran, ternyata ada benarnya kata2 Mama dulu…

Cara bikinnya juga mudah kok, bisa dicontoh buat teman2 yang "pemalas" seperti aku ini, hehe…

Campur Daging cincang dengan tepung roti (bread crumb), bumbui dengan sedikit garam & lada bubuk, tambahkan telur untuk mengikat adonan daging dengan bumbunya. Bulat2 kan sebesar kelereng, goreng sampai matang….

Buat bumbu halusnya dari bawang merah, bawang putih, cabe merah, sedikit garam & gula merah.

Cara masaknya, tumis bumbu halus, tambahkan lengkuas, daun salam sampai harum. Masukkan irisan cabe merah tanpa biji & petai. Tambahkan santan dan daging giling yang sudah digoreng tadi. Masak sampai bumbu meresap pada daging.

Jadi deh….. Hmmm nyam nyammmmmmmm…. Sahur kami jadi lebih Nikmat…… " Terima Kasih Mama "

No comments: