Looking for something Special in this Kitchen......

Tuesday, 13 January 2009

Spagheti Bolognaise

Sudah lama banget pengen bikin makanan "italiano" yang satu ini.

Sebab nya - di kantor sering banget teman2 yang bawa bekal Spagheti untuk sarapan pagi mereka. Sedangkan aku klo bikin sarapan kaya gini, kasihan Mas Hidayat ngga bisa ikutan makan, hehe - selera "dusun" ngga begitu suka dengan makanan seperti ini.


Kebetulan pas libur akhir tahun kemaren - sempat bersih2 lemari dapur dan "gudang" persediaan bahan makanan - nemu sebungkus Spagheti "Bogasari" yang dulu nya dibeli memang untuk nyoba bikin Spagheti sendiri.

Cerita nya bikin tandingan Spagheti "minimalis" yang sering dibawa sama teman2 ku di kantor....

Ya wes, belanja daging giling, pasta tomat (kaleng kecil) dan bahan yang lain di salah satu SPM raksasa yang baru buka di daerah Pinang (dekat rumah)...

Pake resep dari kumpulan resep nya Dapur Bunda (setelah konsultasi dengan om gugel, menurutku kok resep ini yang paling praktis yaaa)...


Setelah utak-atik dan sedikit penambahan di resep berdasarkan bahan yang ada, jadilah Spagheti a la Widya

Spagheti
Sumber : DapurBunda
Modifikasi : Widya Hidayat

Bahan:
250gram Spagheti (kemaren aku pakai "Bogasari") - bisa juga pakai merek lain
1sdm Olive Oil (asli nya pake mentega)
Keju Cheddar parut secukupnya

Saus:
1sdm mentega
150gram Bawang Bombay (asli nya 75 gram) - cincang halus
2 siung bawang putih - cincang halus
150 gram daging sapi giling (aslinya 250gram)
2 buah sosis sapi frankfuter (aslinya ngga pake) - iris
1sdt merica bubuk
1/2sdt pala bubuk (aku ngga pake krn ga punya persediaan)
1 sdt oregano + basil bubuk
100gram saus tomat
50gram pasta tomat
100cc kaldu
garam secukupnya


Cara Membuat:
1. Rebus Spagheti sampai mengembang dan matang, angkat. Tambahkan olive oil, aduk rata. Sisihkan

Buat Saus nya:
1. Panaskan mentega, tumis bawang bombay dan bawang putih sampai wangi. Masukkan daging cincang aduk-aduk sampai daging berubah warna, masukkan irisan sosis sapi.
2. Tambahkan semua bumbu, saus tomat, pasta tomat, kaldu dan garam. Aduk2 sampai daging matang dan bumbu meresap.
3. Hidangkan Spagheti dengan saus daging - lalu taburi dengan keju parut.


Rasanya ngga kalah dengan Spagheti bikinan resto lho....
Dengan resep ini bisa untuk sarapan "perut2 mungil" nya 8 orang teman ku...

2 comments:

.... Lia .... said...

Wid, ternyata kamu suka juga ama spagethie...apalagi dikasih keju permesannnnn ...uenakkkk tenan...

buyinfo said...

Nice site you have here..
Thanks for the info..I'll use this a lot