Looking for something Special in this Kitchen......

Tuesday, 29 January 2008

KBB#3 - Pizza


Tantangan KBB#3 kali ini bener-bener "challenge" buat aku yang bener-bener anti dengan segala perbakingan yang berhubungan dengan si neng "Ragi".....

Tapi kalo ngga "berani" ngadepin tantangan, bukan anggota KBB namanya, huahahaha. Singsingkan lengan baju, mari mulai nguleni...... yuuuuuuuuukkkkkkkssssss

Sebenarnya, sebelum tantangan ini di launch, aku sudah mulai "begging" ke mba Arfi ~ komandan nya KBB ~

"Semoga tantangan berikut nya ngga berhubungan dengan yang namanya Ragi ato apapun yang perlu proofing yo mba. Secara di rumah ngga ada alat proofing nya, hehe"

Tapi jawaban dari mba Arfi bener-bener jauh dari pengharapanku, hehe...

"Ngga bisa Wid, semua tantangan KBB udah terjadwal, jadi mau ngga mau harus dihadapi"

Ya sutra lah, sekali bertekad untuk join KBB, ya apapun tantangan nya harus dihadapi...

Ngerjain nya pas liburan Natal, hehe, bener-bener fresh begitu terima email tantangan nya dari mba Irma (host KBB#3). Bahan-bahan nya mudah banget di dapat di Indo, hehe ~ jadi inget curhat nya mba Mindy di milis KBB, katanya di Caracas lagi susah dapet tepung, susu dan telur, hmmmmm bersyukurlah kita yang masih diberi kemudahan untuk mendapatkan segala kebutuhan hidup kita ~

Kembali ke KBB. Resep yang diberikan hanyalah resep kulit pizza nya saja (Pizza Base), untuk segala macam topping nya diserahkan sepenuh nya kepada setiap anggota, sesuai dengan selera masing-masing. Begini resep nya:


Tantangan KBB#3: Pizza
Source: The Perfect Cookbook. David Herbert. Viking. Victoria, Australia. 2003

Pizza base:


1 sachet (@ 7g = 1/4 oz = 2 tsp) dry yeast
1 tsp sugar
2 ½ cups bread flour (high-grade flour, tepung cakra kembar)
salt
2 Tbs olive oil

Dissolve the yeast and sugar in a small bowl with 200ml (6 ½ fl oz) of tepid water. Stir well and set aside for 10 minutes, or until the mixture froths.

Place the flour and a pinch of salt in a large
mixing bowl. Make a well in the centre and add the yeast mixture and olive oil. Mix until a firm dough forms.

Knead on a lightly floured surface for 5-7 minutes, or until smooth and elastic. Place in a clean, lightly oiled bowl, cover with a cloth or
plastic wrap and leave in a warm place for 1-1 ½ hours, or until the dough has doubled in size.

Preheat the oven to 210C (415F, Gas Mark 6-7).

Punch down the dough with your fist to release the air. Divide into two or three equal portions and roll out or press to a thickness of 4-5mm (¼ in). Transfer to lightly oiled pizza trays.

Top with your choice of toppings and cook for 15 minutes. Then slide the pizza off the tray onto the oven shelf and cook for a further 3-4 minutes, to crisp up the base.
----------------------------------------------------------
Versi Bahasa Indonesia:
Untuk adonan dasar Pizza:

1 sachet (@ 7g = 1/4 oz = 2 sdt) ragi (Misalnya: Fermipan atau merek lainnya)
1 sdt gula pasir
2 ½ cups tepung protein tinggi (tepung cakra kembar) (kurang lebih 350 gr)
garam (irma pakai 1/4 sdt)
2 sdm minyak zaitun (irma pakai minyak makan)

Cara mengolahnya:
Larutkan ragi dan gula di mangkuk kecil dengan 200ml air hangat. Aduk rata dan sisihkan selama 10 menit, atau hingga campuran raginya berbuih.

Campur tepung dan sejumput garam di mangkuk besar. Buatlah lubang di tengah2 campuran tepung dan masukkan ragi dan olive oil. Campur hingga menjadi adonan.

Taburi meja kerja dengan sedikit tepung, lalu uleni adonan selama 5-7 menit, atau hingga lembut dan elastic (ciri-cirinya di tangan dan di meja kerja ga lengket lagi dan adonan kelihatan mengkilat ”ab).
Tempatkan adonan di dalam mangkuk yang sudah diolesi dengan minyak, tutup dengan serbet lembab atau plastik dan biarkan di tempat yang hangat selama 1 - 1 ½ jam, atau hingga adonannya membengkak berlipat ganda.

Panaskan oven suhu 210C (415F, Gas Mark 6-7).

Tinju adonan untuk mengeluarkan gelembung udara. Bagi adonan menjadi 2-3 bagian yang sama dan gilas atau tekan-tekan seukuran 4-5mm (¼ inci). Pindahkan ke loyang pizza (kalau ada). (Alternatif lain menggunakan loyang biskuit dan adonannya dibentuk bulatan lalu gilas ”ab).

Tutup dengan pilihan topping kesukaan masing-masing dan panggang selama 15 menit. Lalu pindahkan pizza ke atas rak oven dan panggang lagi selama 3-4 menit, hingga lebih garing di bagian bawahnya.

Sebenarnya tidak ada kendala yang berarti selama pembuatan Pizza Base ini, cuma agak ragu-ragu karena ragi yang direndam dengan air + gula kok buih nya cuma sedikit, hehe. Tapi mau ngulang lagi kok ya ngga kepikir - so hajar terus, bleh.

Begini proses proofing nya dari awal sampai ngembang butuh waktu 2 jam, waaaaakssss!!!!! - uhm, kira-kira kelamaan ngga ya - bolot dot kom mulai menyerang nih


Yang di bawah ini proses step by step nya pembuatan pizza a la Widya dari mulai peragian, proofing, topping up sampe mateng dan siap disantap nya.


Pake loyang bundar ukuran diameter 23cm jadi nya dua loyang. Topping nya pake tumisan daging cincang yang dikasih pasta tomat, bubuk oregano, daun basil dan bawang bombay, dimasak sampe daging matang. Setelah itu ditaburi dengan irisan Paprika Hijau dan Kuning - secara Paprika Merah nya lagi ngumpet, jadi ngga nemu di SPM -. Ngga ketinggalan my fav - irisan Sosis - Beef Frankfruter, hmm bener ngga spelling nya, hehehe :)). Terakhir taburi dengan parutan Keju Mozarella..... hmmmmmm yummmmmmyyyyyyyyyyyyyyy...

Ini penampakan per slice nya, siap masuk mulut, hmmm nyam nyam


Pas bikin Pizza ini, kebetulan pas malam Natal, karena jadi dua loyang, dan ngga mungkin buat kami berdua - aku dan Mas Hidayat - untuk ngabisin, so kami kirimkan satu loyang lagi untuk tetangga sebelah rumah yang merayakan Hari Natal, kebetulan banget di rumah itu banyak anak kecil nya, yang pasti suka dengan Pizza.

Besokannya aku diberi senyuman termanis oleh Joshua, anak bungsu tetangga ku itu, dan ditambah dengan seloyang Lasagna buatan ibu nya, hmmmmm yummmyyyy banget...

Apakah tantangan berikut nya bikin Lasagna yaaaaaaaaa (???), hmmmmmmm mulai harap-harap cemas untuk tantangan berikut nya nih.....

5 comments:

rita bellnad said...

wid..wid... kamu dah akur ya ma si eneng, eneng ragi maksude...bikin ngiler berat tuh fotona

Arfi Binsted said...

jadiiii... susahnya dimana, wid? jadi mengembang dengan indahnya kan si eneng? hihihi...

ezza's said...

pizzanya bikin ngiler abis nih wid... :)
sukses ya bikinnya :)

Andrie Anne said...

Wuihh cantik bgt tuh susunan toppingnya. Salam KBB, Mba:-)

Dila said...

Terima kasih atas posting resep ini. Sangat bermanfaat untuk saya sajikan utk keluarga di rumah.