Looking for something Special in this Kitchen......

Thursday 28 May 2009

Me and Tupperware

Tulisan ini aku bikin untuk ikut serta di event yang diselenggarakan NCC bekerja sama dengan Tupperware.

Seperti sudah banyak yang tahu, bahwa Tupperware adalah merek wadah kedap udara yang sudah terkenal bagus kualitas nya, higienis dan ramah lingkungan. Tidak dijual bebas di pasaran – melainkan didistribusikan ke para pelanggan nya dengan sistem Multi Level Marketing.

Kayanya sudah lama juga bisnis MLM produk ini, dan hampir di setiap rumah tangga masa kini pasti punya “perabot” dapur yang satu ini.

Dulu sekali, aku kenal produk ini dari sepupu ku di Surabaya. Waktu itu aku masih kuliah, hehe – dan pasti nya ngga kepikir untuk beli apalagi koleksi Tupperware ini, secara ya – sesuai dengan kualitas nya – harga nya pun lebih mahal dibandingkan dengan produk sejenis yang ada di pasaran.

Tapi sekarang, sudah punya rumah sendiri dan punya penghasilan yang lumayan. Kebetulan adikku Wendy yang tinggal di Semarang adalah member Tupperware. Jadi setiap ada penawaran menarik dari Tupperware, aku selalu diberi kesempatan untuk beli baik itu dengan cara cash ataupun cicilan lunak – namanya juga Sodara, hahaha.

Sampai saat ini – sebenar nya hampir semua wadah Tupperware ini ada di lemari dapurku. Mulai dari wadah pil obat yang paling kecil sampai Jumbo Keep N’ Carry (10kg) dan Jumbo Modular Crisper (15L) sudah jadi “penghuni” dapur ku yang setia.

Salah satu dari produk Tupperware yang mungil adalah Spice T Go (120ml – 9.8x4.5x6cm) – yang biasa dipakai untuk menyimpan bumbu-bumbu halus seperti Lada (Merica) dan Ketumbar


Tapi – berhubung banyak bahan untuk dekor CupCakes yang kemasan dari toko biasa nya dikemas dalam plastic dan sering banget rusak karena ngga disimpan dengan benar, jadi aku pindahkan aja ke dalam wadah Spice T Go nya Tupperware ini. Bener-bener bermanfaat banget, karena menjaga bahan-bahan "mungil" untuk dekor CupCakes ini selalu fresh dan lebih awet.


Wadah mungil lain adalah Fresh Bowl (400ml – Ø11.5cm, t6.5cm). Biasa aku pakai untuk menyimpan irisan juring jeruk Sunkist yang akan dipakai untuk dekor ataupun filling Fresh Fruit Cake yang jadi hits di dapurku selama ini. Seperti namanya - Jeruk nya pun awet "Fresh".


Masih di seputaran bahan-bahan dekorasi Cake Besar maupun CupCakes. Aku gunakan Compact High Bowl untuk menyimpan Chocolate Curls yang sudah aku bikin beberapa hari sebelum hari H dekor cake pesanan pelanggan WidyaCakes.


Kebetulan yang ini dapat Gratisan dari perpanjang langganan Majalah Sedap. Hmmm – senang nya.


Untuk biji-bijian, yang sering aku bikin Juice – seperti Kacang Hijau dan Kedelai, wadah penyimpanan yang cocok adalah di dalam Shelf Saver (850ml – 14.6x9.5x11.6cm).

Sangat cocok untuk menghindarkan biji-bijian ini dari serangan kutu yang biasa kita dapatkan apabila disimpan dalam wadah yang tidak kedap udara. Selalu terjaga kualitas nya dan tetap higienis.

Banyak nya pilihan warna memberikan kemudahan bagi kita untuk menandai isi nya berdasarkan warna Tupperware nya. Disini aku pakai Shelf Saver Hijau untuk wadah Kacang Hijau dan Shelf Saver Merah untuk wadah Kacang Kedelai.


Pssttt – selain bisa dipakai untuk wadah kerupuk atau camilan yang lain – hehe, aku tempatkan Kopi Instant yang biasa kusiapkan untuk Mas Hidayat di dalam Medium Deco Canister (2.8L – Ø17cm, t19cm).


Untuk model yang sama dengan kapasitas yang lebih besar – Large Deco Canister - biasa nya aku pakai untuk penyimpanan sementara adonan kulit Resoles sebelum di cetak dengan Loyang Teflon.

Salah satu produk favorite ku adalah Kitchen Organizer yang terdiri dari Modular Mates Oval dan Modular Mates Square. Seperti nama nya – keunggulan produk ini yang paling utama adalah desain nya yang baik bentuk maupun ukuran nya dirancang secara khusus untuk efisiensi tempat dan dapat di kombinasikan kedua nya dengan pengaturan berjajar memenuhi rak sesuai dengan ruang yang tersedia.

Cocok untuk penyimpanan bahan-bahan kue seperti bermacam-macam tepung, susu bubuk dan bermacam-macam gula. Karena kedap udara, bahan-bahan tersebut terhindar dari kelembaban berlebihan ataupun serangan kutu maupun kontaminasi bau dari bahan-bahan lain yang ada dalam satu lemari.

Hmmmm, tapi kayanya belum semua nya masuk wadah ini, jadi mesti beli lagiiiii.


Koleksi yang ngga kalah penting nya buat kelancaran orderan snack box a la WidyaCakes adalah Lily Collection (sekarang jadi Fresh Pear Collection – karena perubahan warna dari Biru Muda ke Hijau Segar).

Wadah ini sangat bermanfaat buat nyimpen American Risoles yang sudah di panir dan siap untuk di goreng. Untuk memudahkan proses menggoreng dan mendapatkan hasil yang maksimal, biasa nya AmRis yang sudah dipanir ini mesti wajib disimpan di dalam freezer minimal 1 jam baru digoreng.


Yang di bawah ini biasa nya dipakai untuk wadah Es Buah atau Cocktail yaitu Fix n Mix (6.5L – Ø33cm, t12.5cm). Tapi, berhubung jarang banget bikin Es Buah, jadi kupakai untuk wadah Rengginang kesukaan Masku, hehe. Awet renyah juga lhooo.


Sebenar nya masih banyak lagi wadah Tupperware yang ada di rumah yang belum sempat di “abadikan” – beberapa diantara nya sudah sering aku pakai untuk piranti foto-foto di blog ini. Contoh nya ada di postingan AmRis beberapa tahun lalu.

Inti nya sih – ngga nyesel punya wadah kedap udara nya Tupperware, selain kualitas nya yang bener-bener ngga perlu diragukan lagi, kita juga dapat perlindungan penggantian produk seumur hidup. Bisa jadi investasi juga kaaaannnn???

1 comment:

Anim, KL said...

Mba Widya,
Aku juga punya koleksi tupperware sejak lebih 15 tahun dahulu. Sampai ada yg duduk dibawah kaos... hahaha... tp yang paling aku suka ada Siri Modular, mmg klasik sejak dulu ngga pernah jemu dan ianya mmg sentiasa ada di pasaran...