Looking for something Special in this Kitchen......

Tuesday, 27 November 2007

KBB#2 - Chocolate Mousse Cake


Tantangan ke-2 nya KBB - Klub Berani Baking.

Buat yang tertarik mau gabung di Klub ini , siapkan mental & stamina untuk benar-benar Berani Baking - pesan sponsor dari Widya -.

Kenapa aku bilang harus benar2 siap mental & stamina, karena di KBB ini kita dituntut untuk "mampu" mengamalkan satu resep yang telah ditentukan oleh Host per "episode" nya, untuk KBB#2 ini Host nya mbak Emma.

Dalam resep nya bisa jadi adalah salah satu jenis kue yang kita nggak pernah kepikir untuk bikin, karena dari baca resep aja udah "jiper". Contoh nya aku ini, setiap kali baca resep di majalah atau kumpulan resep dari koleksi buku yang aku punya, setiap kali baca kata-kata "MOUSSE", pasti aku lewatin resep nya, aliyas males bikin ato nyoba bikin, halah.....

Begitu datang imel "tantangan" KBB#2 ini dari mbak Emma, aku langsung lemes..... Baru juga menggebu-gebu semangat ku karena baru diapprove mbak Arfi untuk join KBB, lha kok resep nya pake "MOUSSE" - setan dapurku - ha ha ha ha :))

Apa mau dikata, nggak ada jalan lain selain maju terus pantang mundur.... Disela-sela kesibukan kantor yang semakin menggila menjelang akhir tahun, aku sempatkan untuk "mengamalkan" resep dari tantangan KBB#2 ini.

Percobaan pertama - tgl 6 November 2007, ngikutin 100% resep sbb:

Chocolate Mousse Cake
Sumber: Penny Oliver Cuisine 2005

Bahan Cake:
- 4 butir telur utuh
- 3/4cup (160gram) gula kastor

- 2/3cup (100gram) terigu all purpose (aku pake segitiga)
- 1/3cup (42gram) maizena
- 1sdt baking powder (aku pake BPDA)

Cara Membuat Cake:
- Kocok telur dengan mixer hingga naik & kental
- Tambahkan gula sedikit demi sedikit sambil terus dikocok sampai adonan putih & sangat kental (hard peak)
- Ayak semua bahan kering, lalu campurkan ke dalam adonan telur - aduk rata dengan spatula.
- Tuang ke dalam loyang ukuran 26-28cm yang sudah dioles mentega & ditabur tepung (aku pake loyang persegi 26x26cm yang dioles Carlo - karena nggak punya loyang bulat)

- Panggang dengan oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu di suhu 190dC selama 25-30 menit.
- Keluarkan cake dari loyang & letakkan ke atas rak - dinginkan.
- Letakkan cake ke atas piring saji. Eratkan aluminium foil ke sekeliling cake (kalau mau bisa pakai baking paper tapi digandakan, supaya bisa tegak dan lebih kukuh kalau disiram dengan Mousse nantinya) - (aku carving dulu cake nya dengan ukuran diameter 25cm, baru di pasang wax paper yang digandakan untuk sekeliling cake nya, ikat dengan pita)

Bahan Mousse:

- 250g Cooking Chocolate (aku pake DCC)
- 6 butir kuning telur

- 250g mentega suhu ruang
- 6 butir putih telur


Cara membuat Mousse:
- Tim coklat hingga leleh
- Kocok kuning telur lalu campukan dengan coklat leleh, aduk rata.
- Tambahkan mentega sambil dikocok.
- Di wadah terpisah - kocok putih telur hingga kaku

- Masukkan adonan putih telur ke dalam adonan coklat.
- Tuang adonan ini ke atas cake
- Tutup dan dinginkan selama 4 jam atau semalaman

**berhubung telur nya yang dipakai untuk Mousse ini adalah telur mentah, jadi aku pakai telur Ayam Kampung Organic - lebih mahal siy tapi bukankah untuk kesehatan, harga bisa jadi nomer 1000????

Variasi: untuk Mousse, silahkan divariasi dengan flavour macam frangelico, cointreau, brandy atau vanili. Putih telur bisa diganti dengan thickened cream jika ragu-ragu menggunakan putih telur. Garnish/hiasan bisa divariasi dengan serutan coklat, coklat bubuk, atau fresh fruit jika memang sesuai selera.

**aku nggak pakai variasi apapun untuk Mousse & Garnish nya - percobaan pertama ini aku ikutin "plek" resep nya.

Bahan Topping:
- 300ml Krim Kocok
- 100g Cooking Chocolate dilelehkan dengan 50ml krim & 3sdm brandy

(brandy bisa dihilangkan atau diganti dengan vanili, meskipun tidak sama setidaknya ini memberi flavour ke coklat)

Penyelesaian:
- Tutup cake dengan krim kocok lalu tuangi coklat leleh tadi.
- Potong dan sajikan dengan sedikit tambahan coklat leleh di sisinya.

Berikut rangkaian foto2 dari mulai cake yang sudah dibentuk bulat sampai udah jadi nya. Sebenarnya aku sangat2 tidak puas dengan hasil percobaan pertama ini, baik di hasil cake nya yang amburadul & foto2 nya yang nggak oke banget.


Berhubung jadinya gede banget & pada saat itu nggak ada mas di rumah - aliyas aku cuma sendirian di rumah - jadilah seloyang Chocolate Mousse Cake itu jadi "tester" untuk teman2 di kantor & tetangga kiri kanan - Alhamdulillah nya lagi menuai pesanan untuk Cake Natal nanti -

Evaluasi rasa & penampilan dari percobaan pertama membuat aku pengen bikin sekali lagi dengan persiapan yang lebih matang & latihan untuk menyambut pesanan Hari Natal.

Percobaan ke-2 "dipaksakan" dikerjakan pas hari Minggu siang 25 November kemaren. Karena deadline udah tinggal "menghitung hari", nggak ada waktu lebih panjang lagi, hehehe.... Padahal dari Sabtu siang sampe malem Minggu nya aku & Mas begadang di Bintaro - selamatan Mbak Evi nya Pak Ruslani yang mau pergi Haji tgl 5 Desember nanti, diteruskan begadang di Joglo sampai Minggu pagi baru pulang, halah.... Capek nya itu lho... Tidur sebentar, trus langsung "akrobat" lagi di dapur bikin CMC lagi.

Kali ini bikinnya pake ukuran setengah resep semuanya, dari Cake sampai Mousse nya. Cake nya pake loyang teflon yang ukuran 23cm. Hasil Cake nya menurut aku lebih cakep dari hasil cake yang pertama. Udah gitu aku tambahkan Vanilla Extract di dalam adonan Cake nya. Rasa & penampilannya oke banget - wangi vanilla nya mulai terasa sejak masih dalam oven.

Mousse ke dua ini aku tambahkan Essense Vanilla juga, karena rasa Mousse pertama bener-bener terasa banget Butter-nya (aku pake Wijsman) sampe rasa coklat nya kurang berasa. Kali ke dua ini Mousse nya berasa Coklat Vanila, uhm E N A K......

Untuk Topping, aku pake Bio Bianca, karena pengalaman kalo pake krim kocok, pasti nggak sukses. Jadi pake Whip Cream Bubuk plus Susu Cair dingin aja, kocok nya diatas es batu. Jadi deh.........

Berikut foto2 hasil percobaan ke dua....


Percobaan ke dua ini, pas Mas ada di Jakarta, jadi potongan pertama sambil aku foto2, aku berikan buat Mas tersayang, cieeeeee........ Alhamdulillah, Mas suka juga... Komentarnya gini "Kok tumben Widya bikin kue yang banyak lapisannya, uhmmm enak juga ya, kaya yang di coffe shop di hotel2 itu. Ntar kalo mas Ultah bikinin yaa......"


Setelah bikin laporan & posting KBB#2 ini di Blog - serasa tuntas lah "Hutang" yang sudah sebulan ini membebani pundak ku - ***sambil bernafas lega***

Pelajaran berharga yang aku ambil dari KBB ini adalah "Jangan pernah takut menghadapi apapun sebelum mencoba untuk melalui nya"

Aku yang dulu nya menganggap semua resep yang mengandung "Mousse" di dalam nya adalah resep yang susah untuk dibikin, ternyata kali ini aku bisa bikin dengan tanpa masalah yang sangat berarti...

Alhamdulillah, ukuran buat aku yang nggak pernah yakin bisa bikin Mousse, Cake ini termasuk sukses & rasanya enak tenan.

Makasih buat semua teman2 KBBers atas semangat nya di milis.... Boleh rekuest khan?? Tantangan selanjutnya jangan pake "ragi" yaaaaaaaaaaaaa - plis, plis, plis, plis -

10 comments:

Arfi Binsted said...

Wiiiiid!! Terharu biru aku melihat hasil karyamu. Cantiiikkk!! Bikin
dua kali pula. I'm soooo proud of you! *hugs hugs hugs* Gitu
dooooonggg!! Semangat! Stay semangat ya Widya. Hugs, ab

Widya Hidayat said...

makasih buat semangat nya ya mbak Arfi........ seneng deh punya temen seperti mbak Arfi...:)

Restiani Tan said...
This comment has been removed by the author.
Restiani Tan said...

salute sama Widya yang sampe bikin 2 kali. dua duanya bagus banget lagi :>

Regina said...

wah ini mah kerjaan pro punya... kalo amatir mah spt aku punya blonyot sana sini...

Ema said...

widya selamat ya..hasilnya bagus banget..malah dapat order segala..bener deh ikut KBB kudu berani tantangan kalo ga gitu mn pernah nyoba ya gak....??

rita bellnad said...

two thumbs widya !! hebat sampe bikin 2 kali. klo bikin 5 kali aku sudah gak punya stock thumbs lagi ^_^

selamat mengerjakan orderan, cocok banget nih timingnya

Anonymous said...

cantik begitu koq kuenya...bener kan kalo ditantang malah jadi bagus dan ada niat utk nyobain yg susah2 :)

eliza
http://fooddiary.blogsome.com

Dapurmamakoe said...

Widddd...
bener kan akyu bilang semua orang mengagumimu......hi..hi..
sukses ya say...
moga2 tantangan2 selanjutnya tetep secantik sekarang...

luv
ida

Shinta said...

Salam kenal juga mbak Widya.... Sering denger namaku ya??! Ya maklumlah, yang namanya "Shinta" banyak mbak. Yg jadi pertanyaan, yg mbak Wid sering denger itu maksudnya beneran Shinta aku atau bukan nih??

Eniwei, ga ada salahnya nambah teman ya?! Aku link boleh ya... Sekalian juga, selamat udah berhasil menaklukkan "Mousse". Hasilnya bagus banget mbak! Kapan-kapan ikut nyobain resepnya ya.... *smile*