Looking for something Special in this Kitchen......

Sunday, 14 December 2008

Rolade Tahu Daun Singkong

Snack jadoel a la keluarga ku....

Kita kenal kudapan ini sejak masih kecil - kira2 SD kelas 3 atau 5 (kok beda 2 tahun? yup, dulu aku lompat kelas ngga pake kelas 4 SD, hehehehe)..

Setiap liburan sekolah, kami bertiga sudah punya jadwal "keluar kota" untuk mengisi Liburan..

Salah satu tempat liburan favorit adalah di Semarang - rumah pak de dan bu de Marsono, rumah nya besar, tanah dan halaman nya luas di tengah kota Semarang...

Bu de ku ini jago masak, sampai sekarang masih mengelola "Warung Makan" di paviliun sebelah rumah nya di Semarang..

Makanan yang disajikan di rumah nya selalu enak-enak dan mengundang selera makan, apalagi anak2 kan paling syusyah disuruh makan, tapi di sini kami senang makan, bahkan begitu balik ke Surabaya, kita bertiga jadi gendut2...


Salah satu snack yang sarat gizi adalah Rolade Tahu Daun Singkong ini, apalagi klo bikin nya pas musim hujan dingin-dingin begini... Wahhhhhh Nyam nyam...

Resep nya sih kira2 aja ya, maklum resep jadoel...

Rolade Tahu Daun Singkong
Resep: Bu de Iro (bu de nya Widya)

Bahan:
- Daun Singkong yang muda - rebus, tiriskan
- Tahu Putih
- Garam
- Lada/Merica
- Bawang Putih
- Daun Pisang untuk membungkus
- Cabe Rawit untuk pelengkap

Pencelup:
- Tepung gorengan siap pakai (aku pakai tepung peyek instant)
- Air secukup nya

Cara membuat:
- Hancurkan tahu putih, sisihkan
- Haluskan bawang putih dengan lada dan garam.
- Campur tahu halus dan bumbu halus, aduk rata
- Bentangkan beberapa lembar daun singkong di atas daun pisang, taruh adonan tahu di atas daun singkong, ratakan. Gulung dan padatkan, bungkus dengan daun pisang yang tadi digunakan sebagai alas. Semat dengan lidi bentuk lontong.
- Kukus selama 20 menit - angkat dinginkan
- Potong-potong rolade tahu dan iris lebih kurang 1,5-2cm
- Celup ke dalam bahan pencelup lalu goreng sampai coklat keemasan.
- Sajikan dengan cabe rawit.


Selamat mencoba....

8 comments:

Arfi Binsted said...

huaaaa mauuuuuuuuuuu!! hiks hiks hiks.. kagak ada daun singkong ning kene, jeeeeeeeennngggg!! sedih dweh.

Widya Hidayat said...

To mba Arfi:
Nanem dwonk mbaaa...:P
Kebun belakang masih luas kan??
Ato mungkin bisa coba pakai daun anggur atau daun yang lain... :)
Penelitian lageeeeeee....

Lidia Sianturi said...

waaaaaa lompat kelas, mesti pinter ki Widya..
enak kayaknya ya buat cemilan dingin2 gini..lomboke rawit menggoda selera..ning kene ra ono lombok rawit spt itu Wid..adane abang branang pedese pol...

Widya Hidayat said...

to Lidia:
Lompat kelas nya karena guru nya udah ga tahan sama kejahilan ku, wekekeke :)
Tambah enak rawit abang - awetttttt, ga perlu akeh2.. cukup satu rawit untuk 5iris Rolade :P

kartika said...

Akuw copas resepnya yha jeng.... punya pu'unnya niy.... ayo jeng Arfi.. nanem singkong hehehe... , txs yha Wid.

Widya Hidayat said...

To BiBin:
Silahkeun Jeung...
Mudah2an cucok dengan selera...
Wenak ya klo punya kebon singkong..
Next Task "Singkong a la Thai" :P

A.G said...

aku bawa daun singkong tp jek tak eman-2 je hehe :D wingi pas mudik makan ini banyak :D beli jd ding ora gæ dw

Widya Hidayat said...

to Ayin:
Piye carane nggowo daun singkong Yin?? Direbus dhisik opo digowo mentah?? meh ngirimi dulurku nang Londo :P