Looking for something Special in this Kitchen......

Saturday 28 July 2007

Coffee Flavored Cake

Hari Sabtu, "bengong" di rumah, nggak ada kegiatan. Mau jalan2 ke luar rumah, males kalo sendirian, karena Mas banyak kerjaan kantornya yang mesti diselesaikan. So, daripada Be Te, beres2 stok bahan2 kue di lemari dapur….. Eh, nemu satu kantong Kopi Instant yang bulan depan mau kadaluwarsa, hehehe….. Daripada dibuang sayang, mendingan dibikin Cake aja, hmmmmm…..

Karena udah lama nggak bikin2 kue, ternyata stok telur ayam di rumah tinggal satu, hiks….. Akhirnya, jalan juga keluar rumah, kebetulan mobil juga perlu di-spooring & balancing ban nya, jadi mampir dulu ke bengkel – baru ke Supermarket. Begitu dapet telornya langsung pulang, udah agak sore juga sih, tapi niat masih bulet untuk bikin Cake dari Kopi Instant….

Mau connect Internet buat ngintip resep nggak bisa – dari pagi kompi di rumah "disandera" sama Mas –. Jadilah bikin cake nya pake ilmu kira2 (baru kali ini lho, ngarang resep, hehehe). Ternyata, kalo ada yang bilang " Kreativitas muncul tepat pada saat kepepet" ada benarnya juga lho temans….



Coffee Flavored Cake
By Widya Hidayat

Bahan:

  • 2 butir telur utuh
  • 50 gram gula pasir
  • ¼ sdt emulsifier
  • 1 sachet bubuk kopi Instant (kurleb 30 gram)
  • 60 gram tepung protein rendah
  • ¼ sdt baking powder
  • 50 gram margarine – lelehkan
  • ½ sdt pasta mocca
  • Gula bubuk untuk taburan
Cara:
  1. Panaskan oven pada suhu 150°C.
  2. Ayak tepung + baking powder, sisihkan.
  3. Kocok telur + gula + emulsifier sampai mengembang & gelembungnya hilang. Tambahkan kopi instant sambil terus dikocok. – setelah ditambahkan bubuk kopi instant, adonan agak kurang mengembang – teruskan mengocok sampai adonan agak pucat, matikan mixer.
  4. Ayak campuran tepung & BP ke atas adonan telur, aduk rata.
  5. Masukkan margarine cair & pasta mocca, aduk rata.
  6. Tuang ke dalam Loyang muffin yang sudah dialasi paper cup – untuk 12 cup.
  7. Panggang dengan api bawah ±15 menit. Tambahkan api atas dan panggang lagi selama 5 menit.
  8. Angkat dari oven, dinginkan sebentar.
  9. Taburi gula halus/gula donat. Siap dihidangkan dengan kopi pahit/teh tawar hangat…

Pada step ke 3, agak khawatir karena adonan telur yang tadinya ngembang bagus jadi turun setelah bubuk kopi instant nya dimasukkan, takut bantet ato nggak ngembang. Tapi dasar nekat & pantang menyerah, aku terusin aja ngocok telurnya sampai adonan agak pucat. Karena harap2 cemas takut gagal, selama ngoven aku lihatin terus tuh adonan di dalam oven…..


Alhamdulillah pas agak dingin, nyoba dikit Cake nya, ternyata empuk lho….. Hmmmm, nggak nyangka bisa bikin cake dengan resep kira2 sendiri……

Enak juga sore2 makan Cake Kopi ini ditemani secangkir teh tawar hangat……nyem, nyem, nyemmmmm. Nggak jadi be te deh…..

No comments: