Looking for something Special in this Kitchen......

Monday, 25 February 2008

MFM#12 : Telor Berselimut Tahu


Selamat Ulang Tahun yang ke-1 untuk MFM.... Semoga panjang Umur dan tetap meneruskan estafet nya ke para MP-ers, yang semakin Creative.... ~Bravo MFM~

MFM#12 ini bertema "Eggs" di hosting oleh mba Yeni yang ayu ini....
Sebenarnya untuk Tema ini sangat banyak variasi yang bisa dihasilkan - secara Telor/Telur ini khan selalu ditemukan di setiap resep masakan atau kue-kue yang beredar di "dapur" teman-teman semua. Soal gizi yang terkandung di dalam nya, ga usah diragukan lagi ~buanyak buanget~ hehehe, coba deh cek sama Om Wiki.....


Aku pilih Telor Puyuh untuk bahan baku utama resep ini, sekalian nostalgia masa kecil ku yang sering berkunjung ke rumah Pak De di Semarang yang punya peternakan Burung Puyuh, hehe. Tiap pagi bangun tidur, langsung ke kandang nya untuk mungutin telur-telur yang masih seger dari "p*nt*t" Burung Puyuh :)

Cara bikinnya agak ribet sih, tapi rasanya dijamin Uenak....


Telor Berselimut Tahu
Resep: WidyaHidayat

Bahan:

20butir Telur Burung Puyuh (rebus, kupas)
600gram Tahu Kacang Ijo (pas bikin ini pas di Jakarta krisis Kedelai, hehe), haluskan
50gram Vermicelli/Sohun, rendam air panas dan potong2
100gram Wortel, parut dengan parutan keju
3butir kuning telur ayam
5batang daun bawang, iris tipis
5butir bawang putih, haluskan
garam
lada

3butir putih telur ayam
minyak goreng untuk menggoreng
Cabe Rawit

Cara Membuat:

1. Kecuali telur burung puyuh, campur semua bahan jadi satu.
2. Masukkan adonan tahu kedalam cetakan muffin setengah bagian, isi dengan sebutir telor puyuh, tutup lagi dengan adonan tahu sampai tertutup.
3. Kukus dalam dandang panas selama kurleb 30 menit.
4. Setelah matang, keluarkan dari cetakan, dinginkan.
5. Potong melintang - sampai kelihatan telur puyuh nya -.
6. Celupkan kocokan putih telur lalu goreng sampai kuning kecoklatan.
7. Sajikan dengan Cabe Rawit.


Selamat mencoba & Sampai Ketemu di MFM berikut nya.....

3 comments:

Shinta said...

mbak Wid, kapan-kapan aku boleh nyontek resep ini ya....
Soalnya kadang suka bingung kalo pas ada acara, kebagian tugas bikin snack yang gurih.
Kalo yang ini pas deh, soale banyak tahu/tofu di Jepun :D

Elsye said...

widd asikk udah ngumpulin pr, aku belum euy..hikkss ga tau deh...

Widya Hidayat said...

Mba Shinta: Silahkan di contek, pake Tofu pasti lebih top deh...

Mba Elsye: Hayo mba, cepet bikin...aku tunggu lho, pasti canteek foto2 nya :)