Looking for something Special in this Kitchen......

Thursday 28 February 2008

Roti Bluder


Lagi be te karena ketinggalan demo Collata - padahal wong Edane lainnya pada ngumpul - hiksss
nangih

So, pulang dari Cikarang kemaren sore, beres-beres bagasi mobil ternyata ada buku resep ku ketinggalan, hehe - dasar amatir, buku resep sampe di dalam bagasi, lha kapan praktek nya haha alesan
sengihnampakgigi

Baca-baca, sambil cari inspirasi yang mana yang mau dipraktekkan, inget KBB yang masih harap-harap cemas nunggu tantangan berikutnya. Yo wes, pilihan jatuh ke Roti Bluder - hahaha - peace buat neng Ragi peace....

Secara semua bahan ada dan dirumah lagi sendirian - langsung dweh, timbang-timbang dan puter mixer.... Nyantai juga sih, namanya juga pe de ka te lagi sama neng Ragi... Mau ngembang syukur, klo ngga mau ngembang, hmmmmm tunggu pembalasan ku - hiahahahaha setansetan


Fermentasi pertama, huwaaaaa senang nya ternyata ngembang bagus banget tepuktangan - Alhamdulillah
Sampe terakhir mau dioven juga fine-fine aja, so "now we are good friend, Yeast"peluk

Pas mateng nya lebih amazing lagi, hihi norak deh menari ternyata tekstur roti nya lembuuuuut banget....


Roti Bluder
Resep: 52Resep Kue Populer Sedap

Bahan:
400gram Tepung Terigu Protein Tinggi
100gram Tepung Terigu Protein Sedang
1bungkus Ragi Instant (11gram)
75gram Susu Bubuk Full Cream
150gram gula pasir
4butir kuning Telur
2butir putih Telur
25ml susu evaporated
175ml air es
100gram mentega
1sdt garam

Isian & Taburan:
Meises
Keju Parut
Susu evaporated untuk olesan

Cara Membuat:
1. Campur jadi satu bahan kering (tepung, ragi, susu bubuk & gula) di dalam wadah, campur sampai rata (bisa dengan mixer kecepatan paling rendah)
2. Masukkan telur, susu dan air sedikit-demi sedikit sambil terus di uleni - bisa pakai mixer untuk bikin roti, sampai kalis
3. Masukkan mentega dan garam, uleni lagi sampai kalis & tidak robek kalo adonan dibentangkan seperti kulit martabak
4. Bulatkan & diamkan sampai mengembang selama 30 menit
5. Kempiskan adonan untuk membuat gas nya - timbang masing 50gram - bulatkan - istirahatkan 10 menit
6. Gilas adonan kemudian isi dengan bahan isian, tutup rapat dan bulatkan kembali, taruh dalam cetakan muffin yang diolesi mentega atau dialasi papercup. Istirahatkan kembali selama 75 menit.
7. Olesi roti dengan susu evaporated dan taburi keju untuk yang isi keju dan meises untuk yang isi meises. Oven dengan suhu 190C selama 15 menit.
8. Roti siap dihidangkan .....

Hmmmmmm, nym nym nym lapar

21 comments:

Rita said...

Wid mau dong.....aku masih males bikin roti....kalau ada lebih lempar aja ke aku...nyum nyum nyum

Anonymous said...

hi
wah keliahtan enak tuh roti nya! good job! btw sekalian mo tanya ya... soalnya aku jg blum pernah bikin roti. katanya tuh adonan roti haruis sampe kalis ya sebelum di fermentasikan dan dibentuk, brati bisa nggak kalo nguleni adonan cuman pake tangan (ga da mixer roti sih), trus kalo bikin bloeder gini brapa lama yah kalo ulenin dg tangan? soalnya aku pernah denger katanya kalo uleni adonan kurang kalis/ga pas, roti bisa berasa asam, dan ngga bagus hasilnya? apa bener?? thanks ya..

Unknown said...

Hwawawawa...

Mbak, izinkan aku mengikuti jejakmu ya??? Aku ta' nyontek resepnya yaa... Boleh yaa.. Tar ta laporin deh hasilnya?? Yahyahyah?? Hehehehehee...

Retno Prihadana said...

Wah..rotinya mantep, nggak kalah sama buatan bakery.

Elsye said...

hebrrriiingggg rotinyaaaaa...pengennnnnn

Anonymous said...

widya, rotinya bagus sekali...boleh contek resepnya gak?

Widya Hidayat said...

@mba Rita: walah, bikin aja bu, gampang - mba Cindy aja udah bikin :)

@Cherry: Boleh aja, silahkan contek resep nya :)

@mba Retno: Kalah sama buatan "suhu" mba.... :P

@mba Elsye: Hayo pada bikin, murah meriah - sehat :)

@mba Eliza: Silahkan mba, smoga sukses ya :)

Widya Hidayat said...

@milky : bisa kasih tau alamat email mu say... penjelasan ttg roti nanti aku japri ya :)

Anonymous said...

widya, emailku m1lk_tea@yahoo.com
tolong ya share ttg roti soale aku kesengsem banget sama roti mu ini sampe bolak2 buka ini page mulu, tapi aku bener2 pemula nih sama roti2an jd ngga pede (padahal bahan2 dah siap nih).. thanks a lot!!

Yeni Yulinda said...

Wid,gw mau nyontek ya Reseo rotimu,makasih..

Widya Hidayat said...

@mba Yeni: Silahkan di contek resep roti nya mba - mudah2an berkenan ya, baru tau juga mba Yeni punya blog, hehe - ntar aku link sekalian deh mba :)

Si Rini said...

Allow jenk...

Semalem tak bela2in cari resep mu lewat hp..

Tapinya tadi pagi bikin kok ga ngembang ya adonannya ??
Aku bikin 1/2 resep, adonanya lengket, tapi kalis cuma kalo di bentangin ga putus.

Dah aku mikser 30 menitan gituh blom masih begitu2 juga akhirnya wis tak berhentiin tuh mikser.
Kenapa ya ??

thanks
=rini=
ygdulubelimikserboschbareng

Anonymous said...

mbak,
udah selese akhirnya..tadi jam 9 an selse nya.. lama banget... dari jam 3.30 siang mulainya.. gara2 bikin 2 kali..dll banyak rintangannya.. termasuk lpg ikutan genit jg. laporan aku tulis di mp ku di
http://m1lktea.multiply.com
thanks banget ya mbak!!

Anonymous said...

mba widya, kopi resepnya ya... btw susu evaporated tuh apa ya mba? merknya di pasaran biasanya apa? tengkyuu

Widya Hidayat said...

Vivi: Susu Evaporated bisa diganti dengan susu UHT biasa. Susu Evaporated adalah Susu Kental yang tawar. Silahkan mencoba resep nya :)

Anonymous said...

makasih mba wid..insyaallah mo dicobain ni..ntar kukasi reportnya dee..hehehe

Anonymous said...

wah.. enak niy rotinya... terima pesanan gak mbak... ^_^ mau duong mesen...

Unknown said...

Hi mba Widya,
Saya iseng2 nyari resep Roti Bluder, eh dapet website kamu. Saya baru aza balik dari Jakarta dan makan roti bluder. Wah, enak buanget deh. So, balik ke sini (california) saya jadi pengen coba buat tuh roti. Masalahnya, saya udah pernah coba buat dinner roll (roti kasur) sekali dari resep yg saya dapet dari internet, tapi hasilnya nggak enak (begitu rotinya dingin, langsung keras). Cara saya buat hampir sama dengan cara mba Widya. Tapi setelah semua bahan dicampur di mixer, trus saya ulenin lagi dengan tangan sekitar 10 menit. Boleh nggak sih diulenin sampe segitu lama?
Saya pengemar berat ama roti. Dari kecil saya kudu makan roti tiap hari sampe hari ini. So, mikir2, kenapa nggak buat sendiri aza? Sehat dan hemat.
Mbak Widya, kalo sempet, tolong donk emailin ke saya (daniakiki@gmail.com) cara yg bener buat roti. Pleaseeee,,,,,,,
Thanks a lot!

Dania

Henni Handayani said...

mba Widya...salam kenal
aku copy resep roti blundernya, thx

Henni Handayani

Puji Acha said...

hi mb wid,

aku juga punya bukunya sedap yang 52 kue populer ini. jiper banget bngt iih kalo bikin roti2an. padahal mah semangat dah gede banget, terus sempet ketunda gara2 ga pnya susu evaporated. eh, ternyata bisa diganti sma UHT ya? dari rasa sama penampakan ada rubah ga?
terus, bener empuk ya? gara2 baca laporan di milis hari ini yang bikin roti bluder dr blognya mb widya, aku jdi gatel lagi pengen nyoba..

Salim said...

klo roti bluder yg istimewa dah pernah nyoba belum gan