Looking for something Special in this Kitchen......

Friday, 4 April 2008

Tiramisu in Cup


Salah satu hasil KMT yang lalu.

Baru nyoba setelah bahan-bahan nya lengkap di rumah. Secara percobaan pertama - sponge cake nya ketipisan dan hangus dengan sukses nya... sengihnampakgigi

Tiramisu
Resep: Pak Sahak

Bahan Sponge Cake:
- 6butir Telur Utuh
- 100gram Gula Pasir
- 15gram Emulsifier
- 110gram Tepung Terigu Kunci
- 30gram Maizena
- 100gram Butter - cairkan

Cara Membuat:
- Kocok Telur+Gula+Emulsifier sampe putih dan kental
- Masukkan bahan kering (tepung terigu+maizena) sambil di ayak - aduk rata
- Masukkan butter cair - aduk rata
- Tuang ke loyang yang sudah dialasi kertas roti ukuran 30x40x4cm
- Panggang dengan api 170dC selama 25 menit


Filling Tiramisu

Sirup Kopi:
Campur jadi satu - sisihkan
- 3sdm Kopi Instant
- 150ml air panas
- 3sdm gula pasir

Cream:
- 400gram WhipCream (kocok sampai kental)
- 250gram Mascarpone Cheese (kocok sampai lembut)
- 100gram Gula Pasir
- 100gram Air
- 4butir Kuning Telur
- 3lbr Gelatin (dilelehkan dengan cara di tim)

Cara membuat Cream Tiramisu:
- Masak gula dengan air sampai mencair tanpa diaduk
- Masukkan kuning telur lalau dikocok sampai mengembang - masukkan gelatin yang sudah di tim
- Campur WhipCream, Mascarpone dan Kocokan Telur jadi satu lalu aduk sampai rata. Siap digunakan sebagai Filling Tiramisu


Penyelesaian:
- Letakkan satu lembar sponge cake di dasar plastik mika
- Siram dengan sirup kopi
- Lapisi dengan Cream Tiramisu
- Tutup dengan sponge cake dan siram dengan sirup kopi
- Simpan dalam lemari es
- Hias atas nya dengan WhipCream kocok dan taburi dengan ayakan coklat bubuk


Yang komentar:
Mas ku (narsis mode ON) - ya gini dwonk, sekali-kali bikin tart rasa kopi (dasar penggemar berat Kopi - ke St*rb*ck aja say...senyumkenyit)
Eldest - rasanya kopi banget ya Wid....?? (klo nyari rasa "terasi" ya di sambel Dest kenyit)
Bu Maya & Bu Tanti - emang cucok ya buat konsumsi anak-anak di rumah (ngga mau bobo ngga tanggung jawab ya ibu-ibu jelir)

To everybody - Met Wiken surprised

5 comments:

judith said...

Aku suka sekali makan Tiramisu ...
nyammiii ya disambi ngopi2 ...

Lala said...

Aduh enak banget....... Tiramisu itu adalah salah satu favorit aku. Adduh.. jadi pengen coba nih. Bisa nggak ya (mode nggak PD niih)

A.G said...

aku biasane gæ tiramisu nggo lady finger hueheh... males baking cepet lg.. jane nek toko ono sponge jg sih tp rung tau nyuba. Suk tak jajal gæ nggo roti

elsye said...

jadi pengen bikinnnnn...ngilerr.com..:D

rere said...

salam kenal,

mbak aku copy resepnya ya...
thanks banget