Looking for something Special in this Kitchen......

Monday, 31 March 2008

Agro Wisata Kuliner - Bandung 29 Maret 2008

Setelah semaleman bingung mau bikin apa untuk Godie Bag – Wiskul besok nya, pengen bikin roti bluder, tapi kok ya ngga ada tenaga lagi, setelah Jumat pagi sampai sore nya schedule di kantor padet banget. Akhirnya diputuskan untuk bikin Sosis Solo aja.

Berangkat dari rumah jam 5 pagi sambil mbungkusin Sosis Solo yang baru mateng. Makasih buat Masku tersayang yang sudah mau bangun pagi2 untuk nganterin istrinya ke Kuningan…

Sampai kuningan udah jam 5.45 – beberapa orang udah pada datang dan ngumpul di sana, padahal masih gelap banget diluar. Pas di pintu masuk Plaza Kuningan, ketemu sama Efi Andra dengan rombongan nya dari Cileungsi (baru ketemuan kali ini, ternyata dirimu manis sekali mba, hehe). Setelah cipika-cipiki sana sini, langsung bantuin mba Dhani dan mba Rita untuk absen penumpang bis 2 dan bagi-bagi name badge nya, sekalian kenalan sama teman2 OKers yang Cuma kenal dari nama2 di milist ajah…

Jam 6, yang seharusnya kami sudah mulai berangkat – ternyata masih ada 4 orang penumpang bis 2 yang masih belum datang (mba Dian Nakia, Santi Rebecca, Fairuz dan Restianni).

Sambil menunggu yang terlambat – kita gunakan waktu nya untuk bagi2 Potluck bawaan peserta Wiskul sbb: Resoles, Cup Cake Coklat, Cake Potong keju, Lemper, Brownis (Tuti), Klapertart (Icha), Schotel (??), Cake Tape (Pak Sahak), Sosis Solo (WH), Petit Four (mba Dian), Susu Kedelai (mba EstiHKW)

Masih banyak lagi, tapi lupa dari mana lagi, hehe

Sebenarnya sudah diwanti2 untuk datang Sharp on Time, tapi kok ya masih ada aja yang telat. Sampai jam 6.45 – begitu Restianni sampai – kita langsung berangkat menuju Bandung.

Aku kebagian duduk di bangku bagian belakang sebelahan dengan Ira Naulita dan berseberangan dengan Fenny. Di belakang ku ada Fairuz, Santi, mba Rita, mba Cindy dan mba Elly. Di bangku depan ku Mba Dian Nakia, Sulis, mba Cici dan mba Indah…

Ditengah perjalanan, aku dapet telpon dari mba Evi, ternyata keluarga mas Momo juga dalam perjalanan menuju Bandung – dan pada saat itu posisi mobil mereka persis di belakang rombongan bis Orange kitchen, what a coincident ….. Sebenarnya pengen ngasih Potluck bagian ku untuk mereka (mba Evi sekeluarga), tapi apa daya kami harus ngejar waktu untuk bias secepatnya sampai Bandung

Kembali ke dalam bis….. Kesan pertama percakapan masih saling jaga image, hehe – ngobrol ngalor ngidul seputar makanan, kue-kue dan keluarga masing2 yang saat itu ditinggal dirumah, demi untuk WisKul ini…

Cerita-cerita lucu bergulir selama dalam perjalanan – mohon maaf dari ku apabila ada salah2 kata selama becanda, hehe :P -.

Sampai jam 9 kita baru sampai di Bandung – dan sebelumnya kami mendapat pengumuman bahwa dikarenakan keterlambatan jam keberangkatan, maka Sarapan bubur Mang Oyo akan di lakukan di dalam bis saja, untuk mempersingkat waktu.

  1. Bubur Mang Oyo : buat yang penasaran dengan mang Oyo, bisa foto bareng yach. Breakfast dengan bubur ayam, kerikil, apel dll ;-)

Tapi dasarnya juga ibu-ibu, sampai di seberang bubur Mang Oyo tetep aja kita semua turun, apalagi Mang Oyo dengan rendah hati nya mendatangi bis kita dan menyambut kedatangan kami semua dengan senyum dan jabat tangan kepada semua anggota rombongan.

Mang Oyo

Di bawah, kita juga ketemuan dengan OKers Bandung – The Uceu dan Chef Kusuma (terima kasih atas kebaikan & kerja keras nya sehingga acara Wiskul ini bias terlaksana dengan baik ya Teh), Mamajo (yang bagi2 Es Krim – enak banget es krim nya, terima kasih mamajo), mba Susi – kirain orang nya tinggi besar, hehe, mba Atiek (terima kasih atas kebaikan nya arrange pesanan Cireng kami ya mba), trus sapa lagi ya….. banyak deh dan semua nya baik2

Mang Oyo dan Fans

Untuk mempersingkat waktu, setelah berfoto sebentar dengan Mang Oyo, kami melanjutkan perjalanan sambil makan es krim dari Mamajo…. Belum juga habis eskrim nya – eh bis kami sudah berhenti lagi – ternyata kami sudah sampai di Kijang Mas

  1. Kijang Mas : KM memberikan Demo singkat oleh Chef KM (khus us u/ Okers lho) , hasil demo akan dibagikan dan dicicipi bersama-sama. Dan yang pasti setiap peserta diberikan goodie Bag dari KM dan Chocolate Tulip yang wow dech. Dan diberikan discount 5% untuk Okers yg ngeborong di KM (pada saat pembayaran di kasir harap memperlihatkan tanda pengenal OrangeKitchen yg nantinya akan dibagikan di Bis).

Masuk KM sudah jam 10 – karena keterbatasan waktu, Demo singkat nya tidak jadi dilaksanakan karena jam 11 akan ada kelas kursus di KM yang sudah terlebih dahulu dimundurkan jadwal nya untuk menyambut OKers. Kami hanya mendapatkan diskusi singkat tentang cara pembuatan Chifon Cake Pelangi dan icip2 hasil nya yang sudah matang.

Setelah itu kami diberikan kesempatan untuk belanja di KM selama 30 menit – huwaaaaaaaa L - cepet banget yaaaaa??? Padahal masih pengen lihat2 dan pilih2 belanjaan sampai puaaaaasssssss…

Daripada benjol diprotes orang banyak, ya lebih aman “manut” ajalah…..

Belanjaan di KM: Pasta Kopi, Kahlua, Spatula “khas the Uceu”, Pattern Script nya Wilton (2), Rolling pin Stainless Stell kaya punya mba Ida, Loyang tulban Teflon, Flavoured Chocolate nya L’AGIE. Dapet diskon 5% - lumayan….

Sampai di bus, sambil nunggu yang lain belanja, aku mulai makan Bubur Ayam nya Mang Oyo yang ternyata ngga encer seperti yang banyak di Jakarta dan enak banget, hehe – ada yang bilang “Bubur polos nya aja udah enak”

Sebelum berangkat menuju Lembang – kami mendapatkan Goodie Bag dari KM sbb: 1pot Margarita Margarine dan beberapa buku dari Tulip (tapi kok ada beberapa yang berisi Cetakan Coklat ya?? Sedangkan di kantong ku ngga ada…. L )

  1. Dapur Strawberry : disini bisa memetik strawberry, bisa membeli per kilo ato per box (sesuai dengan kebutuhan).

Sampai di Dapur Strawberry – tercapailah keinginan ku selama ini untuk petik strawberry sendiri, hehe….. Kita juga dapet Jus Strawberry – ghrateeesssss - ..

WH, Santi Rebecca, bu Elly, Fairuz

Ada cerita menggelikan sebelum kami turun dari bis 2, hiahahahaha – peace buat Fairuz….

Tentengan dari Dapur Straberry: 2 bungkus Strawberry, dan satu bungkus lagi hasil metik sendiri

  1. The Ranch : ditempat ini kita bisa membeli beberapa oleh2 Bandung , termasuk membeli Sosis (Rumah Sosis), Bockwurst, Cheesy, Black Pepper dll. Harga per pak + 30 s/d 40 ribuan. The ranch menyediakan berbagai macam susu : susu sapi, kedelai dan kambing.

Sampai de Ranch sudah jam 12an… kegiatan di dalem de Ranch adalah belanja Sosis…. Selain yang frozen, mereka juga sediakan yang sudah dibakar… Pertama kali cicip rame-rame barengan mba Hones dan mba (??).

Trus belanja 3 macem Sosis – eh salah ya – satu macem yang Bockwurst tapi ukuran nya beda dari cocktail, standard sampai yang panjang (20cm). Juga beli Bagelen Keju (oleh2 kesukaan Masku, hehe)

Setelah foto2 dan minum susu –ghrateeeesssss- kami melanjutkan perjalanan menujun Rizal Orchid untuk makan siang…. Hmmm nym nym nym…

  1. Rizal Orchid : disini kita akan Lunch di Kebon (selain lunch disediakan juga cemilan khas bandung , bandrek dan minum susu kedelai sepuasnya) , Rizal orchid selain menjual Anggrek juga menjual aneka macam cactus dan tanaman lainnya.

Ira Naulita - my 'soulmate'

Sampai di Rizal Orchid sudah tersedia makan siang kami, menunya Sayur Asem, Tempe Bacem, Ayam Bakar dan perkedel Tahu. Juga ada Jeruk dan Uli Goreng…

Istimewanya tempat ini, kita bisa menikmati makan siang sambil memandangi kebun pembibitan anggrek yang cantik-cantik.

Setelah puas makan siang – sambil menunggu yang lain, dibagikan Cireng pesanan peserta Wiskul kali ini…. Once again, thanks to mba Atiek dan The Uceu…

Secara banyak yang belum tau Cireng, jadilah kotak cireng ku yang jadi sasaran “display” untuk yang penasaran dengan Cireng ini…

  1. Es Mambo, Es Lilin dan Tahu Tauhid, tempatnya berseberangan, jadi Okers tinggal belanja ketempat2 tsb secara bebas.
Sampai di tempat ini, agak riweuh juga karena tempatnya yang nyempil, hehe – Tapi tetep bela-beli juga…


10pcs Tahu Tauhid yang blom digoreng – 10pcs yang sudah digoreng – Bandros setangkep (enak banget, banyak kelapa muda nya, hehe) – 1pcs es Mambo rasa Alpukat….

Lanjut lagi perjalanan menuju Bandung….

  1. Magenta TBK, disini diberikan pula discount 5% u/ Okers yang akan berbelanja, dan tentunya disediakan juga goodie Bag dari Magenta dan Suplier bahan kue lainnya.

Sampai di Magenta sudah agak sore – senangnya pak Sahak ketika tau bahwa Magenta berdekatan dengan Prima Rasa… begitu didatangi ternyata sekarang sudah jadi PetShop/PoultryShop…. L

Hasil belanjaan di Magenta:

2loyang Teflon bullet

2loyang Teflon persegi

2loyang Teflon Loaf

2loyang Teflon Muffin Mini

2plastik Mika (recommended by mba Emma)

2plastik bungkus Roti (recommended by Pak Sahak)

1bks Selai Negro rasa Lobi-lobi

1bks Rice Paper (yang 2 terakhir ini rekomendasi mba EstiHKW)

Disini aku disapa oleh Amelia Laudya – teman chatting di YM beberapa bulan yang lalu. Akhirnya kita kopdaran juga ya Mel… J

Dari Magenta dapet doorprize nya Apron dari Anchor dan 2 pcs praline dari Collata

  1. Mutiara Kitchen, disini bisa belanja berbagai macam perabotan rumah tangga, mulai dari gelas2 antik, piring2 keren, dan loyang wilton2-an (kalo masih nyisa yach) ;-)

Disini sudah mulai menurun semangat belanja ku karena mungkin diluar juga sudah gelap, hehe – akhirnya aku hanya beli 1pcs Fancy Grill (recommended by mba Emma, mba Rita, pak Sahak dan mba Cindy).

Pas mau bayar di kasir, barengan sama bu Elly – yang belanjaan nya kali itu, barang2 jadul a.l: Ceret Blirik Ijo dan bakul nasi warna Coklat… hihihi, mupeng berat pada saat itu, tapi apa daya udah sampe depan kasir, jadi males mau balik lagi…..

Lanjut perjalanan menuju Batagor Riri -

  1. Belanja di Batagor Riri, akan diberikan juga bonus dan Discount khusus u/ OrangeKitchen lho.

Sebelum turun sebenarnya sudah diwanti-wanti untuk tidak makan ditempat karena waktu yang mendesak, tapi dasar mulut dan perut ngga bisa di ajak kompromi, akhir nya kami makan juga di tempat, selain juga bawa bungkusan untuk oleh2…

Menu dinner malam itu : Bakso Campur ala Riri

Lanjut perjalanan pulang ke Jakarta – keluar dari tol Pasteur sudah jam 21.30

Sampai Jakarta – Plaza Kuningan – tepat jam 24.00. Sambil nunggu Masku datang menjemput, nggak lupa aku mohon maaf dan ngucapin terima kasih kepada semua teman2, juga Mba Ina yang sudah menjadikan Wiskul ini berjalan dengan lancar.

Memang kurang puas karena hanya singgah di masing2 tempat selama 30 menit saja rata-rata. Tapi kenangan selama perjalanan dan informasi yang kami dapatkan selama WisKul ini sangat berharga…

I’ll be back to visit Bandung and Lembang next time….

surprised

12 comments:

esti said...

Nyuri waktu istirahat nengokin blog teman-teman. Seru euy banyak fotonya. Jadi bisa ikutan menikmati fotonya. Whoa..belanjaannya segambreng.

irma said...

mba widya.laporannya lengkap bangettt jus stroberinya grateees yah.. goody bag dari Km emang ada cetakan coklatnya mba

Arfi Binsted said...

cireng? asleeeeee gue suka banget! apalagi cilok. sempet ga makan cilok?
heboh ya jjnya!

Dapurmamakoe said...

wid....dikau masih inget sama stainless steel itu yah?...ternyata bener daku beli di KM yah?...wakakaka......sumpah lupa gw...tapi kesampaian kan dikau...aduh..jj..nya ngilerin abizzzzz.......

Trifiani said...

huahahaha.. top markotob deh selebriti yg satu ini!!

btw, gimana tuh acara ngumpetin belanjaan? sukses gak? hihihihi..

-fenny

Siska said...

hai, mbak aku copy fotonya satu yach.. dan dah kulink kesini..wah reportasenya ..super,,duper lengkap bangetttts.... :)

Trifiani said...

wuakaka.. jus stroberi gratis??
gak salah nih?
berbayar ama fairus kali hahaha.. :D

- fenny

Indonesia-Eats said...

dohhh jajanan bandung apas ihh yang gak enak... mau semuahhhh

elsye said...

seruuuuu seruuuuuuu..jadi pengen semuaahhh sama kayak pepi..;D

diedie/ said...

kayanya seru deh??? need help neh mba, gmna caranya bisa ikut orange kitchen seh? thank before

26 said...

wah seru tuh review nya. klo mau info lengkap di Bandung buka web saya aja www.ngubek.com

san said...

salam kenal, aduduh serunya jalan2 nya.. mba wid, ngasih ide buat saya kalo pas sy mudik lg via bdg nih... numpang nyontek ya itinerary bdgnya,