Looking for something Special in this Kitchen......

Sunday, 16 March 2008

Ensaymada

Biar ga bosen dengan TCCC, kali ini aku posting Roti lagi yaaaa.....
Dapet resep nya dari Majalah Sedap Edisi Jan/08, katanya sih "Resep/Kelas Lanjutan" hehe. Dari pertama megang majalah nya udah pengen nyoba, berhubung baru bisa bikin Roti Bluder juga kemaren (baca:baru aja), jadi baru berani juga bikin Ensaymada nya......


Adonan jenis Roti ini agak lembek - ato memang lembek - dibandingkan dengan adonan Roti Bluder yang lumayan masih bisa dibentuk-bentuk, jadi memang bener kata majalah nya - "Kelas Lanjutan" hehe - jadi harus menguasai teknik dasar bikin roti dulu dweh baru bikin Ensay ini :)

Udah gitu pake whisk mixer nya dua macem kepake semua (klo yang Roti Bluder kan cuma pake satu whisk, yg spiral aja) - yang ini pake whisk ballon dan spiral gantian....


Awal nya rada takut ngga ngembang bagus seperti Roti Bluder ku yang kemaren, hhe - tapi setelah proofing terakhir (sebelum di oven) kok ngembang nya bagus - syukur Alhamdulillah.....

Ini Resep nya....

Ensaymada
Majalah Sedap edisi Januari 2008

Bahan I:
7 gr ragi instan
10 gr gula pasir
60 ml air

Bahan II:
80 gr kuning telur (kurleb 4butir)
60 gr gula pasir
150 gr tepung terigu protein tinggi
55 gr susu evaporated

Bahan III:
150 gr mentega tawar
60 gr gula pasir
1 butir telur
60 gr kuning telur (kurleb 3butir)
1 sdt garam
250 gr tepung protein sedang
125 gr keju cheddar parut untuk isian
2 sdm evaporated untuk olesan

15 gr mentega untuk olesan
1 sdm gula pasir untuk taburan

Cara membuat:

Bahan I:
Campur semua bahan I, aduk rata, diamkan 20 menit sampai mengembang

Bahan II:
Kocok kuning telur dan gula pasir sampai putih. Matikan mixer.
Ganti kaki mixer dengan yang spiral
Tambahkan tepung terigu bergantian dengan susu evaporated dan bahan I sambil diayak dan dikocok rata. Diamkan 30 menit.

Bahan III:
Kocok mentega tawar dan gula pasir sampai lembut, masukkan telur dan garam sedikit-sedikit sambil dikocok rata. Tambahkan tepung terigu. Aduk rata
Masukkan bahan II. Uleni sampai rata. Diamkan 45 menit
Kempiskan adonan dengan mixer spiral, uleni lagi sampai kalis, diamkan 30 menit.
Timbang masing2 50 gr. (Aku - 40gram - biar jadi banyak)
Bulatkan dan diamkan 10 menit. Pipihkan memanjang, isi dengan keju cheddar parut. Rapatkan. Gulung bentuk melingkar.
Letakkan di loyang muffin besar yg diisi kertas cup cake atau oles dasar loyang dengan mentega.
Diamkan 90 menit atau sampai mengembang 2x. Oles dengan susu evaporated
Oven 15 menit dengan suhu 190 derajat sampai matang dan atas roti kuning keemasan.
Panas2 oles dengan mentega dan tabur dengan gula pasir. (Step terakhir ini gak aku kerjakan, hehe - ga suka terlalu manis)

Untuk 18 buah.



Mateng nya pun hasil nya "mlenthu-mlenthu" kaya pipi nya yang bikin, hehe - Hasil roti nya lembut banget di bagian dalem dan berasa banget mentega nya


surprised

3 comments:

Dita said...

hihihi...rotinya ginuk-ginuk....lucu!

resepnya mana yak?

Shinta said...

Cihuy... mbak Widya udah berhasil menaklukkan "neng Ragi".Good job mbak ... :two thumbs: Salam rotiii... :D

The Wanderer said...

hi widya... roti2nya menarik sekali. jd pengen bikin. bikin adonannya pake stand mixer ato ulenin pake tangan? minta tips nya ya... thanks...